• Thu. Jul 25th, 2024

    Sepanas apa debat cawapres? Saling serang sudah terjadi sejak babak awal

    Byratna

    Jan 22, 2024

    Jakarta, Intra62.com – Mau tahu sepanas apa debat cawapres? Saling serang sudah terjadi sejak babak awal. Debat cawapres keempat yang digelar pada Minggu (21/1/2024) malam kembali mempertemukan Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

    Tema pada debat kali ini membahas tentang Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa. Ke tiga cawapres beradu gagasan dalam debat yang dipandu oleh moderator Zilvia Iskandar dan Retno Pinasti untuk merebut hati para pemilih.

    Charta Politika merilis survei terbaru, posisi paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masing unggul dibandingkan dengan pasangan lainnya. Survei terhadap 1.220 responden dilakukan pada 4-11 Januari 2024. Melalui teknik wawancara tatap muka survei ini dilakukan.

    Hasil elektabilitas Paslon Prabowo-Gibran 42,2%, disusul oleh Ganjar-Mahfud 28% dan Anies-Cak Imin 26,7%. Sementara itu yang tidak menjawab atau tidak tahu, ada 3,1% responden.

    Baca Juga: Seru , Cak Imin dan Gibran Saling Sindir di Debat Cawapres
    Foto momen Cak Imin-Gibran-Mahfud Md saling serang. (Red/Intra62)

    Mengenai debat semalam, masing-masing paslon telah menyampaikan visi misi terkait topik debat kali ini. Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam visi misinya menyatakan pemerintah saat ini mengabaikan nasib petani dan para nelayan.

    “Petani merupakan penolong energi akan tetapi saat ini kita menyaksikan negara dan pemerintah abai terhadap nasib petani dan nelayan,” kata Cak Imin.

    Cak Imin mengungkapkan hasil sensus BPS memperlihatkan dalam 10 tahun terakhir, rumah tangga petani gurem berjumlah hampir 3 juta. Hal ini menunjukan sebanyak 16 juta rumah tangga petani hanya memiliki lahan setengah hektare. Sementara, ada yang mempunyai 500 ribu hektare sebagai kekuasaan yang diberikan oleh negara.

    Sedangkan cawapres no urut 2 Gibran Rakabuming Raka membuka debat Pilpres ke-4 dengan hilirisasi. Menurut Gibran Indonesia dilimpahi kaya akan sumber daya alamnya, di antaranya seperti nikel dan timah.

    “Indonesia adalah negara besar, jadi kita harus bersyukur kita memiliki sumber daya alam yang kaya di antaranya kita punya cadangan nikel terbesar di dunia. Timah terbesar nomor dua,” ucap Gibran.

    Oleh karena nya Gibran menerangkan hilirisasi harus dilanjutkan. Tak hanya itu cakupannya juga harus dikembangkan ke sektor lain, contohnya sektor digital dan sektor maritim.

    Selanjutnya dari cawapres no urut 3 Mahfud Md yang menyinggung terkait komitmen pemerintah dalam pelestarian lingkungan hidup sambil mengkritik program food estate.

    “Namun, saya tidak melihat pemerintah menjalankan langkah-langkah apa sih yang dibutuhkan ini untuk menjaga kelestarian lingkungan alam negara kita. Maka kami memiliki program petani bangga bertani, nelayan sejahtera, di laut jaya,” ujar Mahfud Md.

    Mahfud Md singgung komitmen pelestarian lingkungan soal program food estate atau lumbung pangan. Menurutnya, food estate program tidak berhasil dan merugikan. (red/intra62)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/