• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Kapolda Jateng Tinjau Banjir di 3 Lokasi Kota Semarang

    ByASD

    Jan 4, 2023
    Potret Kapolda Jateng saat banjir di kota Semarang (intra62.com/DA)

    Semarang, Intra62.com – Sejumlah lokasi banjir di kawasan Kaligawe, Genuk, dan Marina Kota Semarang disambangi Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama sejumlah pejabat penting, Selasa (3/1/2023).

    Dalam kesempatan itu, Kapolda berdialog dengan warga dan meninjau dapur umum dan posko kesehatan yang dioperasikan Satbrimobda dan Biddokkes Polda Jateng.

    Dalam wawancara dengan media, Kapolda menjelaskan bahwa banjir di Kota Semarang sudah mulai surut. Pihaknya dan pemerintah daerah sedang berkoordinasi untuk memberikan bantuan maksimal kepada warga yang terkena dampak banjir.

    “Tiga titik banjir di Kota Semarang hari ini secara umum sudah berangsur surut. Kami berupaya meminimalisir dampak banjir. Di Marina, tanggul sudah berhasil ditutup, ombak sudah mulai turun, sehingga air laut tidak meluap ke daratan,” jelas Kapolda Jateng.

    Baca juga: BMKG : Potensi Badai Dahsyat 30 Desember

    Kapolda mengatakan, upaya tanggap darurat dengan menambal tanggul yang jebol di Pantai Marina ini dilakukan secara sinergis antara Polri dengan dinas terkait dan relawan. Sejumlah daerah yang terendam juga sudah mulai memompa air.

    “Pertolongan juga sudah kita perhatikan, dapur umum, dan sebagainya. Saya perintahkan jajaran Semarang untuk memenuhi kebutuhan logistik dan pangan masyarakat selama di pengungsian,” tambahnya.

    Kapolda juga mengungkapkan, pihaknya juga telah menerjunkan personel untuk melakukan patroli di pemukiman warga.

    Upaya itu dilakukan untuk mengamankan harta benda warga setelah dievakuasi ke lokasi pengungsian.

    “Patroli permukiman dilakukan oleh anggota Polrestabes, Polsek dan Ditpolairud dengan menggunakan perahu karet, juga dibantu oleh para relawan,” jelasnya.

    Berdasarkan pantauan saat patroli, lanjut Kapolda, sejumlah lokasi terendam banjir, mulai dari Simpang Genuk hingga ujung Tol Kaligawe, genangan air juga sudah mulai surut. Kendaraan berukuran besar dan sedang dapat melintas meski dengan kecepatan terbatas.

    “Banjir di jalan pantura sudah mulai surut. Semoga pembangunan ini terus ditingkatkan agar lalu lintas bisa segera normal kembali,” pungkas Kapolda.

    (red/intra62)

    Baca Artikel lainya:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *