• Sun. May 19th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Curug Caweni Terdapat Misteri Goa Saron

    ByNAS

    Feb 23, 2023
    Curug Caweni Terdapat Misteri Goa Saron

    Sukabumi, INTRA62.COM – Curug Caweni yang berada di Kampung Cilutung Desa Cidolog, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, bukan hanya menyimpan kisah putri cantik bernama Caweni titisan Nyi Blorong, akan tetapi dilokasi tersebut juga terdapat banyak goa.

    Warga kampung Ciastra, Desa Cidolog, mengungkapkan disekitar Curug Caweni, selain Goa Saron yang posisinya berada diatas Curug Caweni, terdapat sejumlah goa. Ada Goa Kopeah, Goa Buaya, Goa Dahu, Goa Cerelang, dan dibawah curug ada Goa Caweni.

    Bahkan dari cerita masyarakat, menurut warga setempat, salah satu goa yakni Goa Saron atau disebut juga Goa Awi Tali merupakan awal cerita dari sepasang suami istri yang sudah lama tidak memiliki keturunan padahal sudah lanjut usia. Sang kakek (suami) kemudian melakukan pertapaan di Goa Saron, yang akhirnya memiliki anak yang diberi nama Caweni.

    Baca Juga: Kisah Mistis Goa Lalay Palabuhanratu, Sukabumi

    Alkisah Curug Caweni

    Potret Goa Saron di Curug Caweni (intra62/NA)

    Kendati sudah tua, pasangan suami istri tersebut masih merindukan kehadiran seorang anak. Hingga akhirnya sang suami (yang sudah renta) bertapa di Goa Saron yang berada di atas curug. Dalam pertapaan tersebut, sang suami tersebut mendapatkan satu buah telur. Setelah 41 hari, telur tersebut berubah menjadi putri cantik yang kemudian diberi nama Caweni.

    Setelah dewasa Caweni yang memiliki paras cantik menjadi kembang desa. Namun ternyata Caweni bukan wanita biasa. Caweni sebenarnya merupakan sosok titisan Nyi Blorong. Putri Caweni sejatinya sudah menikah beberapa kali. Namun semua lelaki yang dinikahinya mati mendadak.

    Ada salah satu warga yang merupakan pawang ular menjelaskan Goa Saron atau goa Awi Tali, berada diatas perbukitan, diatas Curug.

    Goa berdiameter 70 sentimeter, sehingga kalau masuk harus merangkak, sepanjang 1 meter lebih, hingga nanti menemukan lokasi goa yang luas. Adapun tempat pertapaannya sekitar 50 meter.

    Di dalam gua Saron, banyak ruangan atau bentuk kamar dari bebatuan alami, juga bentuk bebatuan mirip wayang golek berjajar, serta alat gamelan mirip Saron.

    Setiap wisatawan yang berkunjung, kata warga, permintaannya mungkin bermacam macam, ada yang ingin punya keturunan, usaha, naik pangkat, serta kekayaan. (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/